KPU Samosir Gelar Evaluasi Pencalonan Anggota DPRD Pemilu 2019

evaluasi pencalonan anggota DPRD

topmetro.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir gelar evaluasi pencalonan anggota DPRD pada Pemilu Tahun 2019. Acara di Kantor KPU Kabupaten Samosir, Selasa (29/10/2019) ini, dihadiri para komisioner Bawaslu Samosir, caleg terpilih, pengurus partai, kepolisian, insan pers, dan LSM.

Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir dalam sambutannya sekaligus membuka rapat mengatakan bahwa rapat evaluasi ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi, permasalahan serta masukan selama tahapan pencalonan Pemilu 2019.

“Dengan begitu, hasil rapat dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan regulasi pemilu yang lebih baik ke depannya. Yang nantinya segala masukan yang bisa kita catat untuk dibawa ke Rapat Koordinasi Nasional KPU RI,” katanya.

SK Pengunduran Diri

Pada kesempatan itu, Ika menyampaikan soal syarat penyerahan SK pengunduran diri TNI/ASN. Dimana pada saat pendaftaran terdapat calon yang berstatus TNI/ASN. Dan dalam kondisi tersebut maka bersangkutan berkewajiban untuk menyerahkan SK pengunduran diri saat pendaftaran.

“Akan tetapi jika SK tersebut belum terbit maka dapat diganti dengan surat pernyataan,” ujarnya.

Untuk ke depannya, disarankan bahwa dalam pembuatan surat pernyataan sebagai pengganti dari SK pengunduran diri yang belum terbit tersebut dibuat dari institusi yang bersangkutan. Serta dibuat secara jelas dan tegas.

Disampaikan, hasil evaluasi ini nantinya diharapkan untuk menindaklanjuti dan memperbaiki seluruh proses dari awal tahapan pemilu hingga sampai pada pencalonan anggota dewan yang berkualitas.

“Diharapkan proses penyelenggaraan Pemilu 2019 dapat menjadi bahan untuk mendesain kembali penyelenggaraan pemilu ke depan. Sehingga hal-hal yang dirasa masih kurang baik dapat dibenahi pada penyelenggaraan pemilu selanjutnya,” ujar Ika.

Dalam evaluasi pencalonan anggota DPRD tersebut dibahas 4 hal. Yakni terkait pencalonan sesuai PKPU, persyaratan calon, daerah pemilihan, dan aplikasi pendukung pemilu.

reporter | Tetty Naibaho

Related posts

Leave a Comment